Tfz7TSA0GUOoGfC7BUziGSdiGi==

Instagram LuncuAplikasi Instagram Fitur Baru, Apa Fungsinya?

Aplikasi Instagram
Aplikasi Instagram keluarkan fitur baru
(Dok. Ist)

BatuTerkini.id - Instagram telah meluncurkan fitur keamanan terbaru untuk melindungi pengguna remaja di platformnya dari pesan yang tidak diinginkan, konten yang tidak pantas, dan penggunaan aplikasi yang berlebihan. 

Fitur ini, yang diberi nama "Teen Accounts", dirancang khusus untuk pengguna di bawah usia 16 tahun. 

"Hari ini, kami memperkenalkan Teen Accounts Instagram, sebuah pengalaman baru bagi para remaja, yang dipandu oleh orang tua. Teen Accounts memiliki perlindungan bawaan yang membatasi siapa saja yang dapat menghubungi mereka dan konten yang dapat mereka lihat, serta memberikan cara baru bagi remaja untuk mengeksplorasi minat mereka," tulis Instagram di lamannya, Rabu (18/9).

"Kami akan secara otomatis menempatkan remaja ke dalam Teen Accounts, dan remaja di bawah 16 tahun memerlukan izin orang tua untuk mengubah pengaturan ini menjadi lebih longgar," tambahnya.

Meta, perusahaan induk Instagram, sebelumnya telah menerapkan pembatasan pada akun remaja di Instagram dan Facebook, namun kini memperluas perlindungan dengan langkah-langkah yang lebih menyeluruh.

Salah satu fitur utama dari Teen Accounts adalah pembatasan pesan.

Pengguna remaja hanya bisa menerima pesan dari orang-orang yang sudah mereka ikuti atau yang sudah terhubung dengan mereka sebelumnya.

Ini berfungsi sebagai lapisan perlindungan dari pesan yang datang dari orang asing, menciptakan lingkungan digital yang lebih aman.

Orang tua juga dapat memantau siapa saja yang mengirim pesan kepada anak-anak mereka, meskipun mereka tidak dapat mengakses isi percakapan tersebut, sehingga privasi anak tetap terjaga.

Fitur lain yang dihadirkan adalah "Batas Harian", yang mendorong remaja untuk beristirahat setelah satu jam penggunaan aplikasi.

Fitur ini mengingatkan pengguna muda agar tidak terlalu lama menghabiskan waktu di Instagram, sebuah langkah yang serupa dengan fitur kesejahteraan digital yang telah diterapkan di perangkat ponsel pintar.

Selain itu, Instagram juga membatasi jenis konten yang dapat diakses oleh pengguna remaja. 

Fitur ini mengurangi kemungkinan remaja menemukan konten yang tidak sesuai di bagian Explore dan Reels. 

Orang tua pun dapat mengetahui topik yang diminati anak mereka berdasarkan riwayat penggunaan dan interaksi di platform. Fitur ini membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terkontrol bagi remaja di dunia digital.

pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
banner pasang iklan 970x90 pewarta network