Tfz7TSA0GUOoGfC7BUziGSdiGi==

Srikandi PLN Dukung UMKM Rama Craft di Makassar Lewat Program TJSL

Srikandi PLN Dukung UMKM Rama Craft di Makassar Lewat Program TJSL
Srikandi PLN berikan dukungan kepada pelaku UMKM (Dok. Ist)


BatuTerkini.id - Srikandi PLN hadir memberikan dukungan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Makassar melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), yang bertujuan meningkatkan omzet UMKM hingga dua kali lipat.

Melalui gerakan Srikandi Movement 2024: Woman Support Woman, Srikandi PLN memberikan bantuan kepada UMKM Rama Craft, yang memproduksi kerajinan anyaman dari enceng gondok. 

Rama Craft dipimpin oleh seorang perempuan bernama Masjeng, dan mayoritas anggotanya adalah perempuan lanjut usia.

Ketua Srikandi PLN UID Sulselrabar, Dhini Fakhdiana, menyatakan bahwa program ini bertujuan untuk membantu kelompok perempuan rentan, termasuk lansia.

"Rama Craft memenuhi kriteria tersebut, selain karena dipimpin oleh seorang perempuan, yaitu Masjeng, hampir semua pengrajin di bawah naungan UMKM tersebut adalah perempuan lanjut usia," kata dia.

Bantuan yang diberikan PLN berupa mesin jahit, lemari etalase, bio varnish, dan seragam. 

Masjeng, pemimpin Rama Craft, mengucapkan terima kasih atas bantuan ini dan berharap dapat meningkatkan operasional serta inovasi produk.

Sebelum menerima bantuan, Rama Craft hanya bisa memproduksi sekitar 20 kerajinan per bulan dengan omzet sekitar Rp4 juta. Setelah menjadi mitra binaan PLN, produksi meningkat menjadi 50 kerajinan per bulan dengan omzet Rp10 juta.

General Manager PLN UID Sulselrabar, Budiono, menekankan bahwa program ini adalah bentuk komitmen PLN dalam mendorong dan memberdayakan perempuan di sekitar mereka. 

Selain meningkatkan perekonomian, penggunaan bahan baku ramah lingkungan seperti enceng gondok juga menjadi nilai tambah.

"Kami melihat bahwa kegiatan yang dilakukan UMKM Rama Craft ini sangat luar biasa. Tidak hanya memberdayakan ibu-ibu dan kelompok perempuan rentan, tetapi bahan baku yang digunakan, yaitu enceng gondok, juga sangat ramah lingkungan," kata Budiono.

Budiono berharap dengan bantuan yang diberikan, kapasitas produksi dan variasi produk Rama Craft akan semakin berkembang. 

“Kami ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PLN melalui program TJSL PLN Peduli dan Woman Support Woman kepada UMKM kami," kata dia.

Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan Kota Makassar, Naning Sudiar, turut mengapresiasi langkah PLN yang peduli terhadap kelompok perempuan rentan, sejalan dengan program pemerintah kota.

Program ini menunjukkan komitmen PLN untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus mendukung pemberdayaan perempuan di berbagai wilayah.

“Terima kasih kepada PLN yang telah memberikan perhatian kepada kelompok perempuan rentan. Untuk membantu para perempuan rentan agar lebih produktif, tentu dibutuhkan bantuan dari banyak pihak. Program Woman Support Woman ini tentunya sejalan dengan program kami di pemerintah kota,” ujar Naning.

pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
banner pasang iklan 970x90 pewarta network