Tfz7TSA0GUOoGfC7BUziGSdiGi==

Stopkontak Overload Sebabkan Kebakaran Rumah di Kota Batu

Stopkontak Overload Sebabkan Kebakaran Rumah di Kota Batu
Stopkontak overload jadi penyebab kebakaran rumah di kota Batu.
(Dok, Ist)

KOTA BATU, BatuTerkini.id – Sebuah rumah di Jalan Wukir Gang 4D, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, dilanda kebakaran pada Rabu (9/10/2024) akibat konsleting listrik.

Menurut Komandan Regu (Danru) Brama Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Batu, Iwan, kebakaran tersebut disebabkan oleh overload pada stopkontak di salah satu kamar.

"Kami menerima laporan dari masyarakat sekitar pukul 13.00 WIB dan langsung bergerak ke lokasi," ujar Iwan.

Proses pemadaman api berlangsung sekitar 1 jam 10 menit, mulai dari pukul 13.05 WIB hingga berhasil sepenuhnya dipadamkan pada pukul 14.15 WIB.

Setelah itu, petugas melanjutkan dengan pembasahan dan melakukan investigasi lebih lanjut.

Berdasarkan hasil investigasi awal, kebakaran tersebut dipicu oleh kabel listrik yang tidak memenuhi standar SNI, serta penggunaan stopkontak yang kelebihan beban.

"Hasil investigasi kami sementara ini, penyebabnya konsleting listrik yang terletak di salah satu kamar, terdapat stopkontak overload (terlalu banyak beban). Kabel yang dipakai tidak standar SNI," jelas Iwan.

Dari kebakaran ini, diperkirakan sekitar 95 persen bangunan rumah terbakar dengan total luas area yang terdampak mencapai 68 meter persegi.

Kerugian material akibat kejadian ini ditaksir mencapai sekitar Rp100 juta.

Pascakebakaran, petugas Dinas Kebakaran dan Penyelamatan memberikan sosialisasi kepada warga sekitar mengenai bahaya kebakaran serta langkah-langkah pencegahannya.

Edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga instalasi listrik di rumah agar sesuai dengan standar keamanan dan mengurangi risiko kebakaran di masa mendatang.

pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
banner pasang iklan 970x90 pewarta network